Pengalaman interview k1 visa
United States

Pengalaman interview K1 Fiance Visa Amerika di Jakarta

Halo guys hari ini mau sharing tentang pengalaman wawancara/ interview K1 Amerika Fiance Visa di Jakarta.

Setelah selesai medical check up aku menunggu di Jakarta hingga jadwal interview tiba. Jadwal interviewku pukul 10:30, tapi aku sengaja datang pukul 09:30. Kemudian sampai ditempat disuru menunggu di dekat pos satpam hingga jadwalnya tiba.

Begitu masuk, kita diperiksa security seperti kalau mau naek pesawat. Ketat banget. HP dan barang elektronik dimatikan & dititipkan. Setelah itu masuk ke ruangan & menunggu sampai dipanggil. Beberapa saat kemudian salah satu petugasnya memanggil “K1 Visa”, lalu saya maju & dia mulai menyebutkan list dokumen yang diperlukan satu2. Setelah selesai disuru menunggu lagi untuk interview. Dag dig dug banget.

Btw ini list dokumen yg dibutuhkan untuk interview K1 Fiance Visa Amerika:

  1. A passport valid for travel to the United States with a validity date at least six months beyond applicant’s intended period of stay in the United States.
  2. Applicant’s visa application fee payment receipt from the bank, for more information please visit: https://ustraveldocs.com/id/id-niv-paymentinfo.asp
  3. Applicant’s DS-160 confirmation page.
  4. Medical examination. Please schedule your visa interview at least 10 business days after your scheduled medical checkup. It can take the physicians up to two weeks to complete your medical exam report. Saya kemarin MCU sama interview terlalu dekat jaraknya, bener2 10 hari. Lupa gak ngitung kalo ada weekend, padahal instruksinya jelas2 business days >.< jangan ditiru yah..
  5. If applicable – Required documents based on visa class.
  • Birth Certificate – original, copy and translation – Saya translate di Citra Linguist Surabaya dokumen kirim lewat whatsapp dan hasilnya nanti dikirim pake JNE or JNT
  • Name change Certificate (if applicable) – original, copy and translation.
  • Death or Divorce Decree (if applicable from Petitioner or Beneficiary) – original, copy and translation.
  • Military discharge, arrest, prison, court records; U.S. immigration documents – original, copy and translation.
  • Police Certificate. Each applicant aged 16 or older must have police clearance from any country where the applicant resided for one year or more. Please note Indonesian Police Certificate is not required – Saya pernah tinggal di Jerman lebih dari setaun jadi saya kasi Fuhrungszeugnis. Cara applynya dari Indo bisa baca di post ini.
  • Affidavit of Support (Form I-134) from the Petitioner – copy
  • Petitioner’s most recent 1040 and W2 – copy
  • Two identical passport size photographs of each applicant
  • Evidence of relationships (photos, cards, letters, emails, etc.) Saya print screenshot whatsapp terbaru sama foto2. Tapi waktu interview punya saya gak diliat & gak ditanyain sama sekali. Karena yg interview saya punya bukti seperti foto, receipt restaurant, etc yang dikirim fiance saya waktu dia ngajuin petisi. Setelah selesai interview dikasikan ke saya semua.

Gak lama kemudian namaku dipanggil. Yang interview aku cowok, orangnya ramah banget. Pertanyaan pertamaku yaitu “do you speak English?” . Btw dia juga bisa bahasa Indonesia karena beberapa kali di tengah interview dia ngomong pake bahasa Indonesia. Dilanjutkan dengan “how are you?” “how is your fiance?” “when did the last time you talk to him?” “where did you guys meet?”, “where does your fiance work?”, “whats his full name?”, “when is his birthday?”, “whats his job?”, “does he have siblings?”

Karena saya pernah tingggal di Jerman lebih dari setahun dia juga tanya “where is your police certificate from Germany?” , “how long did you stay in Germany?”, “what were you doing in Germany?”

Dia interview sama bolak balek berkas saya. Terus wkt awal dikasi kertas oranye tentang KDRT. Dia bilang “read the paper & i’ll ask you question” beberapa menit kemudian dia tanya “What is it about?” & saya bilang “Domestic Violence”. Dia bilang ok kalo misalnya terjadi sesuatu kamu bisa telepon ke nomer di kertas itu.

Terakhir dia tanya “When did you do your medical check up?” karena hasilnya belum sampai sini. Saya bilang tgl 19 Maret & rumah sakitnya baru kirim hasil ke embassy tgl 26 Maret. Dia bilang kalo gitu mungkin hari ini atau besok hasilnya sampai. Kemudian saya dikasi kertas putih sambil bilang “the only thing holding your application is your medical check up result.” Nanti kalo sudah sampai hasil MCU kami kirim paspor sama visanya. Kalau belum ada kabar kamu bisa kirim email yg ada di kertas putih itu. Ok saya bilang “thank you have a nice day”. Saya pulang dengan stress karena saya pikir harus menunggu lama lagi. Tapi puji Tuhan ternyata tidak.

amplop coklat yang gak boleh dibuka

Saya interview itu hari Senin tgl 29 Maret & tgl 3 April dapat email kalo paspor sudah dikirim & tanggal 5 saya ambil di kantor RPX surabaya sama bawa KTP. Paspor saya sudah ditempeli stiker visa. Selain itu, juga dikasi amplop coklat yg digunting di pojoknya & gak boleh dibuka. Jadi amplop coklat itu nanti dikasihkan petugas imigrasi waktu kita datang di bandara. Selain itu saya juga dapet 1 map kopi hasil medical check up saya.

TIMELINE pengurusan K1 Fiance Visa saya:

15 Agustus 2019: Submit petition
18 Februari 2020: Petisi diterima
18 Februari 2020: Email dari NVC bahwa case saya akan diteruskan ke Jakarta, tapi kemudian tutup karena virus.
20 November 2020: Fiance dapat email kalau embassy sudah melayani pemrosesan K1 Fiance Visa serta list dokumen yg harus dibawa
19 Maret 2021 : MCU di RS Premier Bintaro Tangerang
29 Maret 2021 : Interview di US Embassy jam 10:30
2 April 2021 : Email dari US Travel Docs kalau passport sudah dikirim
5 April 2021 : Pick up passport di RPX Surabaya
15 Juni 2021 : Sampai di USA

Terima kasih Yesus. Bunda Maria. Dan St Yudas Tadeus atas perantaraannya doa saya dikabulkan 🙂

You may also like...

42 Comments

  1. Cristina says:

    Hi kakak, kalo tidak keberatan sharing info, untuk SKCK kakak minta dari Polda atau dari Mabes Polri? Karna saya juga lagi proses k1 visa dan mau lengkapin dokumen. Thank you.

    1. Joana says:

      hi kalo SKCK dr Indonesia dulu wkt saya ngajuin ga perlu.

  2. Lisq says:

    Hallo kak joana,kalau liat timeline dan sampai usa kita beda 1 bulan,aku sampai 16 juli 2021 boleh berbagi info kah kak buat aos after ampe us ak lg nggu gc dkrim ke rumah cm lagi bingung,ssn itu kita kekantor ssn abs ud trm gc atau hanya perlu tunggu ya?

    1. Joana says:

      Wahh samaan dong, GC aku juga baru dpt kemarin 😂 aku juga ga dapet EAD ama advanced parole. Hari ini aku barusan ke kantor ssn dket sini, tp butuh appointment skrg kl ke ssa office.

      1. Linda says:

        Saya sama sekali nggak pernah ke amerika dan akan mencoba membuat fiance visa apakah hal ini akan berpengaruh? Dan syarat kertas lampiran saya dari perusahaan bahwa saya karyawan juga rek tab tidak perlu seperti permohonan visa turis?

        1. Joana says:

          Hai, saya jg blm pernah ke US sblmnya wkt apply fiance visa. Maaf saya kurang tau krn ga tau apply visa turis ke US. Kmrn saya wkt apply fiance visa, saya ga kerja dan saya juga ga nunjukin rek tab.

  3. […] Di post an kali ini aku ingin berbagi perjalananku mengurus kartu Green Card (GC) & timeline nya setelah datang pakai K1 Fiance Visa. […]

  4. Hi kak,
    Kebetulan saya juga apply K1 visa, tapi petisi baru masuk USCIS 12 Feb 2022. Apakah selama berkasnya disana, kakak sering kontak/meminta update atau berdiam menunggu aja?
    Sepertinya lama ya prosesnya, apa mungkin karena covid juga.

    1. Joana says:

      maksudnya kontak USCIS? kita waktu itu ngga tau tanya2 update..cuma nunggu doang n banyak berdoa haha. Semoga cepet dikasi kabar ya 🙂

  5. […] Baca juga : Pengalaman Interview K1 Fiance Visa […]

  6. mary says:

    halo kak, surat polisi nya gak perlu atau optional ya? aku gak ketemu tulisan yg state bahwa surat polisi gak perlu di ajukan nih. kakak buat surat polisi dan gak di minta atau kakak gak buat sama skali ya? thanks yah kak :))

    1. Joana says:

      Waktu itu aku ga minta surat polisi dr Indo & wkt interview juga ga ditanya. Kalo gak salah waktu aku di email dr embassy yg perlu dibw apa aja ada tulisannya kalo ga perlu surat polisi dr Indo. Kalo pernah tinggal di LN lebih setaon, harus minta surat polisi dr negara tsb.

  7. Sendy says:

    Hi kak, thank you banget infonya. Kebetulan Aku dan fiancé juga Sudah submit K-1 Visa dan Sudah NOA1. Mau Tanya kak, Aku sempet tinggal di US dan kerja legal disana, Apakah Nanti pas interview dibutuhkan surat keterangan dari polisi US juga kak? Thank you kak.

    1. Joana says:

      Setauku iya kalo km pernah tinggal 1 tahun atau lebih di LN butuh surat polisi dr negara tersebut. Tapi ga tau lg ya soalnya km kan dulu juga di US. Ak dulu di Jerman lbh dr 1 taun, wkt interview diminta police certificate dr Jerman.

  8. Tirza says:

    Halo ka, aku mau tanya kan kaka dapet visanya itu di bulan april tpi baru sampai US bulan Juli, nah itu sebenernya ada batas maksimal kita harus terbang ke US atau engga ya? terus kalo belum pernah travel ke luar negri sebelumnya bakal ngaruh buat apply visa K1 ini ga kira2? Thank you

    1. Joana says:

      hai juga..setauku ada batasnya, kalo gak salah 6 bulan tp tolong di cross check lg ya, gak yakin soalnya. Ngga ngaruh kalau belum pernah ke LN sama sekali, fiance visa kan ya? 🙂

  9. Kiwi says:

    halo kak, mau tanya untuk persyaratan pengajuan ini ga perlu bukti pendapatan atau keuangan kita ya? kayak bukti pekerjaan atau copy rekening gitu kak. Thank you

    1. Joana says:

      Ngga say. Kmrn ak juga wkt itu ga kerja

  10. Halo kak Joana, aku ketemu artikel ini karena kebetulan pacarku sedang urus K1-Visa untukku di US. Jadi aku mau tanya, interview ini dilakukan setelah K1-Visa dikonfirmasi di US yang diajukan oleh pacar Saya disana ya kak? Nah terus soal Evidences Relationship, ini tuh termasuk semua bukti aktifitas yang dilakuin bersama pasangan kan, nah aku gak punya bukti-bukti seperti ini, apa kira-kira kalau bukti fiance aku transfer untuk beli engagement rings bisa dijadikan bukti gak ya? Makasih kak.

    1. Haloo, iya interview dilakukan di jkt kalo casemu sudah di approved. Waduh aku kurang tau kalo cm bukti transfer boleh gak. Mungkin kalo ga ada foto2 dll bisa kasi bukti screen shot chat whatsapp, email, skype..apakah sudah pernah ketemu walaupun sekali sama calonnya? Soalnya setau sy hrs ketemu minim 1x.

  11. Thecolton says:

    Halooo kak aku mau tanya yang perlu kita bawa itu harus akte kelahiran asli kah atau bisa hanya copyannya saja…dan apakah kita harus ambil laspor dan visa kita ke surabaya atau bisa dijakarta aja…terimakasih kak…

    1. Saya kmrn bawa aslinya juga + photocopy+ translate an dr sworn translator 😂 kalo paspor aku kmrn yg sudah ditempel visa dikirim ke rumah pake kurir rpx fedex. Nanti kl ga salah wkt buat schedule interview online ada opsinya mau dikirim atau diambil di tempat agen kurirnya. Org dr rpx kmrn telepon ak bilang kalo pasporku sudah sampai di mereka

  12. Kitty says:

    Hello Ka aku pernah tinggal di Jepang 3 tahun , minta police certificate nya gimana? Lewat kedutaan Jepang yang ada di Indonesia atau lewat website nya aja? Ga ngerti

    1. Joana says:

      wah maaf kalo itu saya kurang tau juga.

    2. Izin jawabnya karena case nya sama kayak aku. u harus pergi ke embaasy Jepanag di Jakarta untuk request police certificate and its free

    3. Izin jawabnya karena case nya sama kayak aku. u harus pergi ke embassy Jepang di Jakarta untuk request police certificate and its free

  13. Hi sis, pengen nanya, aku sm fiance aku juga apply K1 pake bantuan lawyer, posisi kita nih udah di approve sama USCIS per 4 november kemarin, terus yang baru didapat tuh receipt letter dari USCIS, nah timeframe dri USCIS ke NVC ini kira” berapa lama ya? soalnya lawyer udah isi DS160 dan udah bayar visa juga, menurut lawyer kita tinggal nunggu interview, pas di website dicek gaada schedule apapun yg tersedia, trs aku cek” di google katanya harus ada case number dari NVC dan welcome letter dari NVC sementara kita blm dapat itu, gaada pemberitahuan juga dari pihak manapun, apa aku harus nelpon pihak embassy apa gimana ya? Soalnya aku tanya soal ini ke lawyer smpe skrg blm ada jawaban 🙁

    1. Kalo ga salah inget aku kmrn sehari sesudahnya yah say, sudah cek di emailmu atau email fiancemu? soalnya dapetnya kmrn lewat email. Kalau pake lawyer coba minta tolong si lawyer telepon help center USCIS.

      1. Ooh gitu yaa, wah, aku udah nunnggu sebulan lebih sejak approval dari USCIS, belum dapat apa” dari lawyer, berarti pas kamu udah terima dari NVC, langsung tersedia slot appointment interview ya? atau ditunggu lagi konfirmasi dari kedutaan?

        1. abis dpt NVC, kalau gak salah inget aku atau suamiku dpt email dr embassy di Jakarta, dokumen2 apa saja yg perlu dipersiapkan terus abis gt aku lengkapi formulirnya yg DS 160, schedule interview dan medcek sis

          1. Lauren says:

            Hi kak, aku mau tanya.
            Itu kakak passport nya pickup di RPX. Kita tau nya passport sudah bisa dipickup bagaimana kak?

          2. Joana says:

            nanti ditelepon sama rpxnya

  14. Hello,
    Saya jg pernah tinggal di Jerman dan butuh police certificate from Germany. Bisa tolong dibantu bagaimana mendapatkannya dari Indonesia (Jakarta)? Apa perlu notaris dan cap kemenlu kemenhukam/ apostile? Thanks

  15. Halo, terimakasih artikelnya. Sangat informatif sekali.

    Saya ingin tanya, saat di imigrasi di airport USA nanti, apakah ada jalur antrian khusus atau bisa antri di antrian visitor umum? Lalu apakah kita akan di Interview lagi atau hanya menyerahkan amplop bersegel tsb saja? Mungkin bisa minta bocorannya ditanya apa aja saat di imigrasi. Terimakasih sebelumnya

    1. Joana says:

      Hi, thanks, maaf baru balas. Di imigrasi pake jalur umum dan cuma nyerahin amplop coklat itu aku kmrn ngga ditanya apa2 kok.

  16. Yuliana says:

    Hai, salam kenal… Boleh minta info kontaknya kah? iG atau WA gt. Aku ada planning buat urus visa K1 tapi masih bingung jg harus mulai dari mana. Nggak punya pengalaman keluar negeri sama sekali soalnya. Thank you sebelumnya yaaa….

    1. Ada instagramku joanaahyatt sis

  17. Laylaa says:

    Hai ka joana . Izin bertanya . Kalau akte kelahiran yg baru sudah ada translete bahasa inggrisnya apakah harus ditaranslate lagi ?
    Lalu pada saat daftar nikah di kua indo apakah wna harus bawa dokumen cni ka?

    1. Mungkin kalau udah ada inggrisannya ngga perlu ya. Denger2 kalo nikah di Indo emang butuh CNI, tp sy kurg tau krn sy nikah sipil di US.

  18. Juli Marintan says:

    Hi Joana, nama saya Intan dan saat ini sedang akan proses visa K1. Petisi fiance sudah diterima oleh Kedutaan di Indonesia. saat ini saya sedang isi formulir Visa. Mohon informasinya:
    1) saat isi Visa D-160 kita pilih jenis Visa B1/B2 kan ya? Karena tidak ada pilihan K1
    2) saat ingin melakukan pembayaran, saya diminta membayara Rp. 2,960,000 (= USD 185). Berdasarkan https://www.ustraveldocs.com/id/id-niv-visafeeinfo.asp, biaya visa K adalah Rp. 4,240,000 (=USD 265). Yang benar yang mana ya?

    1. Halo Intan,kalau ngga salah inget ada kok visa K itu saya dulu ngga pilih B1 atau B2. Nanti bayarnya ya beda kalau pilih B1/ B2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *