United States

Pengalaman Medical Check Up Visa Fiance Amerika 2021

Perjuangan untuk mendapatkan visa fiance Amerika memang agak ribet. Apalagi sejak pandemi tante corona melanda. Petisi fianceku diterima & diteruskan ke US embassy di Jakarta sekitar februari 2020. Tapi, US embassy tutup & baru buka lagi sekitar akhir November. Akhirnya di bulan Maret 2021 setelah maju mundur karena takut virus, aku bikin appointment untuk Medical Check up di RS Premier Bintaro Tangerang (setauku cuma boleh medical check up di RS ini aja).

Bikin appointment di RS paling tidak 2 minggu sebelum jadwal interview. Untuk bikin appointment cukup mudah tinggal kirim whatsapp ke nomer yang ada di website mereka. Pihak RS akan membalas & memberitahu apa saja yang perlu dipersiapkan, seperti (saya copy dari website RSnya):
1. Tidak perlu puasa
2. Membawa passport asli
3. Membawa pas photo 3×4 = 6 lembar (berwarna)
4. Alamat di Amerika
5. Case number dari kedutaan (jika ada), (saya kasi copy yg dikirim National Visa center yang ada tulisan case number, petitioner, etc)
6. Membawa riwayat vaksinasi (jika ada)
7. Membawa kacamata jika pakai kacamata
8. Tidak dalam kondisi menstruasi
9. Membawa atau mencatat obat-obatan yang dikonsumsi

Aku dijadwalkan untuk datang pukul 7 & ketika sampai disana ternyata sudah banyak orang antri. Pihak registrasi kemudian memberi beberapa lembar formulir yang harus diisi. Setelah diisi & menunggu beberapa saat akhirnya dipanggil juga. Dipasangi gelang kertas di tangan, kemudian disuru ganti baju & taruh barang di loker. Oh ya juga dapet voucher makan mie ayam di RS valid untuk hari itu.

Pemeriksaan pertama yaitu perawatnya mengukur tekanan darah, tinggi & berat badan, mengambil foto wajah dari dekat. Kemudian duduk lagi menunggu lagi antrian cukup lama. Pemeriksaan kedua disuru masuk ke lab untuk ambil darah & sampel urine. Selanjutnya, disuru ke bagian foto X-Ray untuk foto Thorax. Selesai foto kemudian diarahkan untuk periksa mata. Periksa matanya cukup disuru baca huruf seperti kalau mau bikin kacamata, kalau pakai kacamata disuru pakai kok. Setelah periksa mata selesai kemudian disuru menunggu untuk pemeriksaan fisik & vaksinasi oleh dokter. Oleh dokter ditanya beberapa pertanyaan & harus dijawab dengan jujur seperti:

  1. Nama, tanggal lahir, dan disuru buka masker
  2. Punya riwayat penyakit apa?
  3. Apa ada darah tinggi, kencing manis, kanker, etc..?
  4. Pernah masuk RS? Pernah operasi besar atau kecil?
  5. Pernah punya pikiran menyakiti diri sendiri atau org laen? etc

Habis tanya jawab kemudian dokter menyuruh untuk melepas baju, kecuali bra & celana dalam. Beliau mulai memeriksa sekilas mata, telinga, kemudian diketuk2 bagian perut & disuru tarik napas beberapa kali. Selanjutnya saya dapat 4 vaksin, 2 di tangan kanan & 2 di kiri, vaksinnya yaitu MMR, Flu, Varicella & TDAP. Selesai vaksin kemudian disuru bayar, totalnya Rp 4.138.431. Perawatnya bilang nanti kalau sudah selesai di whatsapp & kalau tidak butuh pemeriksaan lanjutan langsung dikirim ke pihak kedutaan. Syukurlah puji Tuhan hasil pemeriksaanku baik sehingga kurleb 1 minggu saya dapat whatsapp kalau hasilnya sudah dikirim kedutaan.

Terima kasih banyak Tuhan Yesus 🙂

Sekian dulu yah^^ have a great day guyss. Cheers.

You may also like...

2 Comments

  1. Missy says:

    Hi Mba, thank you sharing nya. Aku kebetulan bakal medical check up juga 2 minggu lagi. Untuk biaya medical check up nya ini bisa di reimburse ke asuransi gak yah? Thank you.

    1. Joana says:

      wah kalau itu saya kurang tau, good luck yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *