Ceritaku

Pengalaman Refund AliExpress lewat Doku

Setelah beberapa kali mencoba belanja di AliExpress, baru kali ini saya dapat pengalaman yang kurang baik. Biasanya oke-oke saja. Pernah sih, barang datang hampir 3 bulan, tapi sellernya respon dan memperpanjang buyer protection. Jadi ya saya tunggu saja meskipun di tracking status gak berubah. Kali ini barang yang dikirim jumlahnya kurang & si penjual juga tidak membaca dan membalas pesan saya, jadi saya mengajukan refund lewat dispute.

Karena barang yang tidak dikirim 2, saya open dispute untuk kedua item, lalu saya upload bukti berupa daftar barang yang dikirim oleh seller yang memang tertulis dengan jelas bahwa jumlahnya 1, sedangkan saya pesannya 3.

Selang waktu sehari lebih sedikit, AliExpress mengajukan proposal pengembalian dana untuk kedua item tersebut. Setelah saya klik ‘accept’ ternyata masih harus menunggu respon dari seller. Setelah hampir 3 hari saya lihat statusnya bahwa dispute sudah ditutup dan AliExpress memproses refund.

Di hari yg sama saya mendapat email dari Doku berisi konfirmasi pengembalian dana dari AliExpress & saya harus membuat akun Doku agar refundnya bisa diproses. Saya sebelumnya selalu membayar AliExpress lewat Alfamart dan gak punya akun Doku. Gak sampai 3 hari setelah membuat akun Doku, refundnya sudah masuk ke akun saya. Ternyata prosesnya cepat dan gak bertele2.

Yang punya pengalaman lain belanja di AliExpress silahkan share di kolom komentar ­čÖé

You may also like...

2 Comments

  1. ayuningsih says:

    Wahhh terimakasih info nya niy mas…saya pun seminggu lalu ngalamin ini..HR ini at bru dpt email refund..otomatis sayanjg lsng buat app doku. Ternyata bisa yg qt k Alfa mart utk refund??krn saya jg bayarvd Alfa mart..Mohon info nya ya ­čÖĆ

    1. Joana says:

      Setau saya, kalau bayar lewat alfamart, nanti masuk refundnya ke Doku wallet kak. jadi ya harus buat akun doku biar bisa masuk situ refundnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *