Ceritaku

Pengalaman Refund AliExpress lewat Doku

Setelah beberapa kali mencoba belanja di AliExpress, baru kali ini saya dapat pengalaman yang kurang baik. Biasanya oke-oke saja. Pernah sih, barang datang hampir 3 bulan, tapi sellernya respon dan memperpanjang buyer protection. Jadi ya saya tunggu saja meskipun di tracking status gak berubah. Kali ini barang yang dikirim jumlahnya kurang & si penjual juga tidak membaca dan membalas pesan saya, jadi saya mengajukan refund lewat dispute.

Karena barang yang tidak dikirim 2, saya open dispute untuk kedua item, lalu saya upload bukti berupa daftar barang yang dikirim oleh seller yang memang tertulis dengan jelas bahwa jumlahnya 1, sedangkan saya pesannya 3.

Selang waktu sehari lebih sedikit, AliExpress mengajukan proposal pengembalian dana untuk kedua item tersebut. Setelah saya klik ‘accept’ ternyata masih harus menunggu respon dari seller. Setelah hampir 3 hari saya lihat statusnya bahwa dispute sudah ditutup dan AliExpress memproses refund.

Di hari yg sama saya mendapat email dari Doku berisi konfirmasi pengembalian dana dari AliExpress & saya harus membuat akun Doku agar refundnya bisa diproses. Saya sebelumnya selalu membayar AliExpress lewat Alfamart dan gak punya akun Doku. Gak sampai 3 hari setelah membuat akun Doku, refundnya sudah masuk ke akun saya. Ternyata prosesnya cepat dan gak bertele2.

Yang punya pengalaman lain belanja di AliExpress silahkan share di kolom komentar 🙂

You may also like...

22 Comments

  1. ayuningsih says:

    Wahhh terimakasih info nya niy mas…saya pun seminggu lalu ngalamin ini..HR ini at bru dpt email refund..otomatis sayanjg lsng buat app doku. Ternyata bisa yg qt k Alfa mart utk refund??krn saya jg bayarvd Alfa mart..Mohon info nya ya 🙏

    1. Joana says:

      Setau saya, kalau bayar lewat alfamart, nanti masuk refundnya ke Doku wallet kak. jadi ya harus buat akun doku biar bisa masuk situ refundnya.

      1. Ayuningsihnasep says:

        Mba..sehari stlh aq dpt confirm bahwa refund aq udh dlm proses aq lsng buat applikasi doku..smp skrg udh 4 Hari blm Ada dana k dompet doku Aja..Dan tanggapan mereka sdng d proses muluk ya…bingung jd nya hehehee
        Mksh ya mba udh share..mungkin aq hrs mnggu quite long kek nya niy..😁

        1. Joana says:

          Iya, sekitar 3 harian smp seminggu kalau ga salah masuknya itu. Tapi customer service nya gercep balesnya. Semoga sudah masuk ya.

      2. firman says:

        cara memasukan id doku ke akun aliexpress gimana kak?

        1. Joana says:

          Setau saya nanti kalau waktu pilih metode pembayaran lewat doku, bisa masukin id doku nya.

  2. Faqih says:

    Bagaimana kalau bayarnya lewat transfer bank ?

    1. Joana says:

      Maaf kak sy blm pernah bayar lewat traansfer bank 🙏

  3. HAN says:

    Kak Joana, jika sebelumnya belum punya akun Doku, trus terjadi proses refund tadi, diemail Doku dan kita install Doku, gimana caranya refund nya masuk ke akun Doku kita?

    1. Joana says:

      Nanti kita di Email sama Doku disuru buat akun dulu. Nanti kalau sudah buat akun, tunggu bbrp hari kak nanti uangnya otomatis masuk kok. Kl blm masuk2, email cust service nya, mereka blsnya cepet kok. Semoga membantu ya.

  4. AFIF HAMKA says:

    Kak. Apakah setelah akun doku aktif. Otomatis dana langsung masuk ke doku. Btw, gmn caranya aliexpress tau klo itu akun saya..

    1. Joana says:

      Iya kak setelah buat akun, masuk sendiri dananya..mungkin taunya lewat email/ nama/ no hape yg dipakai sm yg di pakai di Ali express..ga yakin juga sy kak ya hehe. Mungkin bisa email cust service nya Doku kak.

  5. herdy says:

    kak mau tanya, saya dapat nomor arn refund dr aliexpres, tp ko doku nya nunggu balesan transfer dr aliexpres lagi???padahal aliexpres sudah kirim dari tanggal 28/5/2020

    1. Joana says:

      kalau gt coba kontak cust servicenya aliexpress lagi kak & kl emang sdh dikirim coba jelasin lagi ke cust serv nya doku. Semoga segera selesai masalahnya.

  6. rolland says:

    setelah buat akun doku,…dananya langsung otomatis masuk ya?atau ada yg harus diutak atik di aplikasi aliexpress nya,…kasus sy juga sama, bayar lewat alfamart dan ud ada email dari aliexpress utk buka aplikasi doku….

    1. Joana says:

      Seinget saya langsung masuk sendiri kak, nanti ditunggu 3-4 hari kalo belum masuk bisa kontak cs dokunya

  7. dari 21 Juli sampe sekarang belom balik duit refund saya, ga ada response juga hubungin help center

    1. Halo kak. Kalo kmrn bayar lewat doku coba email lagi CS doku nya. Saya dulu diblsnya cepet, max 1 hari. Semoga segera kmbali ya

  8. Saya malah parah tanggal 27 juli pesan saya di batalkan dan saya cek status di alixpress pertanggal 20 agustus finish pengembalian selesai, saya chat alixpress katanya dana di kirim ke doku karena saat transfer saya via mbanking pembayaran ke bank permata dan saya coba email doku banyak peryaran yang di minta saya coba email semua yg mereka inginkan namun hingga saat ini tanggal 10 september dana saya belum di berikan pihak doku saya coba membalas email mereka melalui forwad karena di situ ada nomor keluhan saya namun balasannya seperti itu terus adakah solusi menyelesaikan pengembalian dana saya karena sudah 3 bulan dan bukan dana kecil hampir 10 jt

    1. Waduh banyak banget kak dananya.. Kalau saran saya coba balas emailnya tulis email baru aja + dikasi nomer keluhannya di “subject email” kalau ada+ sama di attach semua persyaratan yg pernah diminta, sama mungkin kl blm dicantumin bisa di scrrenshot status or chat ali expressnya. Mungkin kalau di “reply” email yg lama2 jd malas scrollnya..atau kalau gak coba di telepon aja. Semoga bisa segera kembali dananya.

  9. Mifta mubin says:

    Pengalaman saya gini kak,,singkat cerita saya membatalkan pesanan dan si penjual pun meresponnya,,
    Dan seminggu kemudian saya mendapatkan emali dari team expert Aliexpress dan di situ saya mendapatkan id refound Doku,,,
    Saya kemaren bayarnya via multipayment internet banking ,lalu gimana ya caranya agar dana refound masuk di akun Doku,, saya sudah memiliki akun doku

    1. Joana says:

      Kalau sy kapan hari langsung masuk otomatis sih kak, tp bayar lwt alfamart. Kakak coba kontak cust servicenya doku kak, maaf soalnya sy juga kurg tau apa masuk ke doku wallet atau ke banknya kakak lgsg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *