Batu Caves
Malaysia

Keliling Ramayana Cave dan Batu Caves

Selain nge-mall, salah satu tujuan wisata kami di Kuala Lumpur ialah ke Batu Caves. Karena baru selesai check in hotel dan makan siang jadi kami baru berangkat ke Batu Caves jam 16:30 naik komuter dari KL Sentral. Waktu itu kommuternya sudah mau berangkat jadi kami lari-lari masuk ke gerbong terdekat. Begitu masuk si Christian diawasi sama penumpang yang semuanya cewek, ternyata gerbongnya khusus cewek toh. Kami lalu berjalan mencari gerbong yang ada lakinya. Perjalanan ke Batu Caves ditempuh sekitar 35 menit.

Begitu keluar dari stasiun komuter objek wisata yang dijumpai pertama kali ialah patung raksasa Hanuman yang menjulang tinggi, mengingatkanku dengan yang di Shimla. Patung ini terletak di depan Ramayana Cave. Aku baru tau ada Ramayana Cave ini setelah sampai, soalnya yang terkenal adalah patung Dewa Murugan dengan ratusan anak tangga di belakangnya. Penasaran seperti apa yang ada di dalam Ramayana Cave kami masuk kesana, bayar 5MYR/orang. Di dalam gua ini terdapat patung-patung yang menceritakan tentang Ramayana beserta penjelasanya. Setelah selesai melihat patung kami menaiki anak tangga yang membawa ke bagian paling atas gua. Lumayan, makin lama makin curam tangganya. Ternyata sampai di bagian paling atas tidak ada isinya apa-apa.Ramayana Cave

Keluar dari gua Ramayana kami jalan terus hingga terlihat patung Dewa Murugan, disini masih banyak sekali turis (dan burung dara) beda dengan Ramayana Caves yang hampir gak ada orangnya. Waktu kami mau naik tangga, kami dicegat oleh perempuan yang duduk di belakang meja, ternyata karena aku memakai rok yang panjangnya hampir selutut aku harus menyewa sarung. Sewanya 5MYR tapi jika mengembalikan sarung uangnya dikembalikan 2MYR. Christian dan beberapa turis lainnya waktu itu pakai celana pendek tapi tidak disuru sewa sarung, jadi kemungkinan untuk cewek saja. Di sekitar Batu Caves ini banyak kera jadi harus berhati-hati dengan barang bawaan.

Anak tangga yang kunaiki baru sedikit tapi aku sudah capek. Melihat sepasang turis yang tadi jalan dibelakang kami sekarang sudah jauh diatas. Setengah jalan ada pintu masuk ke Dark Cave tapi waktu itu sudah tutup, tutupnya jam 16:30.

Kami butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke atas. Gua batu cave ini besar dan tinggi. Selain kuil yang dibawah, ada tangga juga menuju kuil yang diatas yang atap guanya terbuka sehingga sinar matahari bisa masuk. Aku baru sadar, meskipun sudah lewat jam 18 tetapi langit disini masih terang. Kami menghabiskan waktu di dalam gua sekitar 30 menitan.

Batu Caves
Di dalam Batu Caves

You may also like...

2 Comments

  1. Pakai tur kan kesana Joanne? Atau kamu free and easy? Nice sharing anyway!

    1. Joana says:

      jalan sendiri kok, thanks ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *