Pesona Indonesia: Air Terjun Irenggolo

Kemarin Minggu aku pergi bersama keluargaku ke Kediri untuk mengunjungi kerabat. Sebelumnya kami mampir ke Pohsarang untuk mengikuti misa Minggu. Kira-kira 50m sebelum sampai ke Pohsarang ada papan petunjuk tulisannya air terjun Dolo, sehingga kami pun berniat mampir kesana setelah selesai Misa. Setelah misa, kami bertanya ke orang di sekitar, ternyata untuk sampai ke air terjun Dolo katanya harus jalan turun tangga sangat jauh dari parkiran sehingga untuk orang tuaku terlalu berat, lalu orang itu bilang bahwa takjauh dari air terjun Dolo ada air terjun Irenggolo, yang untuk sampai ke air terjunnya cuma berjarak kira-kira 200 m dari parkiran.

Untuk sampai ke air terjun Irenggolo cukup mengikuti papan yang bertuliskan “Air Terjun Dolo” sebelum Pohsarang. Akses jalan kesananya pun sangat bagus dan mulus. Kadang jalannya berkelok-kelok tetapi pemandangannya indah sekali. Kira-kira dari papan petunjuk 30 menit sudah sampai tujuan. Air terjun ini terletak di kaki gunung Wilis, tepatnya di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Setibanya disana cuaca mendung, udara yang sejuk dan suasana alam yang tenang menyambut kami. Di parkiran ada beberapa warung yang menjual minuman dan makanan kecil. Begitu sampai di air terjun kami segera berfoto ria sebelum hujan. Air terjunnya mengalir melalui bebatuan yang berbentuk seperti tangga. Airnya dingin sekali seperti air es.

#airterjun #gunungwilis #waterfall

A post shared by @ joana.santoso on

Sayangnya kolam renang di area taman bermainnya sudah tidak terawat, kosong tidak ada airnya. Semoga kedepannya bisa lebih dikembangkan dan dirawat sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan kesitu. 

Terus dari air terjun kami juga sempat ngafe di Warung Valley View di jalanan balik pulang. Selain makananya yang enak dan harganya tidak terlalu mahal, view nya dari sini juga sangat cantik. Kami duduk-duduk disini kurang lebih 45 menit. Gara-gara kebanyakan mampir sana sini, jadinya niat awal ke Kediri yang mau mampir ke kerabat-kerabat, malah  jadinya cuma sempat mampir ke satu kerabat sajalol

Have a good day,

Joana

Leave a Reply