Pengalaman Naik Kereta Kelas Sleeper di India

Sleeper Train di IndiaSelama perjalanan saya di India selama 2 minggu, saya pernah dua kali naik overnight sleeper class, yang pertama dari Kolkata ke Varanasi dan kedua Varanasi ke Agra. Saya naik kelas sleeper ini alasannya karena murah (Kolkata-Varanasi saya bayar waktu itu Rs 306 dan Varanasi-Agra Rs 259) dan saya ingin lebih melihat bagaimana kehidupan rakyat india..

Kelas sleeper ini terdiri dari 3 bangku dari atas ke bawah yang berhadap-hadapan. Bangku yang di tengah bisa dibuka di malam hari dan dilipat lagi di pagi hari. Saya pernah satu kali tidur di bangku yang paling atas dan yang kedua tidur di yang tengah. Saya waktu itu untungnya bawa backpack sehingga bisa dijadikan bantal. Di kelas sleeper ini juga tidak ada AC dan hanya ada kipas angin dan jendela yang selalu terbuka. Di malam hari saya menggunakan sarung tipis sebagai selimut agar tidak masuk angin, tapi kadang saya merasa gerah dan badan saya lengket-lengket gimana gitu..jadi tidak jarang juga sarungnya saya lepaskan.

Untuk toiletnya menurut saya agak jorok dan baunya..hmm..untung saya tidak tidur di dekat toilet. Jangankan untuk sikat gigi, untuk buang air kecil saja saya sudah tidak tahan. Hehe. Di kereta banyak juga berbagai macam pedagang yang lalu lalang, tetapi yang saya ngeh jualannya cuma yang jualan Chai, karena yang paling sering lewat. Saya bukan fans minuman chai, jadi saya hanya beli kopi.

Ada satu pengalaman yang takterlupakan terjadi ketika saya sedang tidur selama perjalanan Varanasi-Agra. Tiba-tiba ada suara sentakan keras di depan saya, saya kaget sekali dan ketika saya buka mata ternyata ada dua orang polisi yang bertengkar dengan orang yang tidur di atas saya. Polisi yang satu memegang borgol dan yang satu membawa senjata. Mereka beradu mulut dengan suara yang cukup keras sehingga orang-orang di sekitar melihat ke arah mereka dan itu berlangsung kurang lebih sekitar 15 menit. Saya sangat deg-deg an sekali, takut jika terjadi apa-apa..mana saya dibawahnya pula. Untunglah akhirnya si orang tersebut mau mengalah dan ikut pergi bersama polisi tersebut.

Di perjalanan saya juga sempat berkenalan dengan cewek India yang dudup di hadapan kami. Dia pada awalnya menawarkan saya dan teman saya cemilan dan akhirnya kami bercakap-cakap hingga tiba di Agra.

Overall, saya enjoy aja naik kelas sleeper karena merupakan pengalaman baru bagi saya..it was not that bad, kami serta barang kami selamat sampai tujuan.

Leave a Reply