salah satu jalan di Varanasi
India

Dashashwamedh Ghat di Varanasi India

Kereta yang kami tumpangi dari Kolkata tiba di stasiun Varanasi Junction pukul 10 pagi. Sesampainya disana, kami naik riksha, pergi ke hotel (hotel yang kami tinggali agak jauh sekitar 30 menit berkendara), mandi, lalu naik riksha lagi dan pergi ke Dashashwamedh Ghat yang terletak di sungai Gangga. Di Varanasi banyak sekali Ghat, tapi Dashashwamedh Ghat ini adalah Ghat yang paling terkenal disini.

Sampai di Dashashwamedh Ghat kami memutuskan untuk mencari makan siang di sekitar situ. Kami masuk ke salah satu rumah makan dan masing-masing pesan thali dan chai. Waktu itu, kami tidak tahu apa itu thali dan waktu makananya datang, ternyata porsinya lumayan banyak untuk satu orang. Thali terdiri dari nasi dan berbagai menu-menu lainnya yang diletakkan dalam mangkuk-mangkuk kecil. Konsepnya mirip nasi campur hehe. Kami masing-masing membayar sekitar Rs 100 untuk itu.

saya di Dashashwamedh Ghat

Dengan perut kenyang, kami kemudian berjalan mengitari Dashashwamedh Ghat. Ghat ini sangat ramai dikunjungi orang, baik penduduk lokal maupun turis. Selain itu, juga banyak sekali becak dan sapi yang duduk-duduk di tengah jalan. Meskipun menghalangi jalan, saya lihat para penduduk setempat tidak berusaha untuk memindahkan sapi tersebut, karena sapi memang dianggap suci untuk orang India/ Hindu.

Di sepanjang sungai Gangga inilah yang menarik untuk dilihat, banyak orang India melakukan aktivitas, dari yang hanya sekadar duduk-duduk, mencuci pakaian, mencuci muka atau mandi. Ada juga sekitar 3 atau 4 turis ditemani seorang India yang kelihatanya sedang meditasi di pinggiran sungai.Dr Rajendra Prasad Ghat

Sore itu hanya kami habiskan dengan duduk-duduk di area sekitar Dr Rajendra Prasad Ghat yang juga terletak di Dashashwamedh Ghat. Kami seharusnya ingin melihat Ganga Aarti, yaitu upacara spiritual yang diadakan setiap hari, tetapi sayang sekali teman saya tidak enak badan akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke hotel dan beristirahat. Yah sudahlah..saya bisa ke India saja sudah senang.

Keesokan harinya, saya naik riksha sendirian ke Tulsi Ghat. Ghat ini jauh lebih sepi dibandingkan dengan Dashashwamedh Ghat. Kurang lebih sekitar pukul 14, setelah makan siang dan melihat-lihat sebentar, saya kembali ke hotel dan packing. Pukul 15.30 kami pergi ke stasiun kereta dan menunggu hinga kereta kami ke Agra berangkat jam 16:40.

-Joana

You may also like...

1 Comment

  1. Kok airnya keruh gituyah tapi tetap aja mandi disitu

Leave a Reply

Your email address will not be published.