India

8 jam di Kolkata India

Di postingan seri India ini, saya cuma mau sekadar cerita mengenai pengalaman saya dan seorang teman cowok yang nekat backpackeran ke India di tahun 2012. Saya suka sekali dengan India, jadi saya ingin share pengalaman saya di blog ini. Karena sudah hampir 6 tahun jadi ya lupa-lupa ingat hehe..

Pesawat Air Asia kami dari Bangkok tiba di Kolkata pukul 12:10. Fyi, satu bulan sebelum berangkat, kami sudah mengurus visa di kedutaan Jakarta. Waktu kami keluar dari airport, banyak sekali taxi di luar yang ingin menawari kami tumpangan. Saya sampai agak takut karena didorong kesana kemari. Karena barang bawaan kami berat dan malas berdesak-desakan, akhirnya kami memutuskan untuk naik prepaid taxi ke Victoria Memorial dengan harga Rs 250. Waktu itu belum ada taxi online jadi mau tidak mau harus naik taxi/bus yang ada di airport.

Kolkata merupakan kota yang sangat padat dan ramai. Saya pikir macet di Indonesia yang seperti itu sudah parah, yang ini malah lebih parah ditambah jalannya yang semrawut. Tidak heran suara klakson sangat sering terdengar dan sepanjang perjalanan saya juga sempat lihat mobil menyerempet mobil lain sekitar 3 kali. Sepertinya itu adalah hal yang biasa terjadi.

pemandangan dari dalam Taxi Kolkata

Perjalanan ke Victoria Memorial memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya disana saya merasa tidak seperti di India, karena arsitektur bangunan ini mirip seperti istana-istana yang ada di Eropa. Untuk harga tiket masuknya bisa kalian cek disini victoriamemorial-cal.org. Setelah membayar tiket masuk dan melalui proses pemeriksaan barang bawaan kami masuk ke museum nya. Entah kenapa waktu itu kami bisa masuk dengan backpack kami yang besar. Sayang sekali di dalam museum tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar.

joana di Victoria Memorial

Puas melihat-lihat di dalam, kami pergi ke taman yang mengelilingi Victoria Memorial. Taman inipun sangat luas, rapi, indah dan cocok untuk piknik. Banyak orang India yang duduk-duduk sambil membawa bekal. Kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam di Victoria Memorial ini.

taman Victoria Memorial-joanast

Kurang lebih pukul 17:00 setelah cukup duduk-duduk di taman kami pergi ke Forum mall sebentar untuk makan malam. Mallnya cukup menarik tapi tidak sebesar yang ada di Surabaya hehe. Setelah itu kami lanjut naik taxi ke stasiun Howrah untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya, Varanasi.

stasiun Howrah

Sesampainya di Howrah saya lagi-lagi  shock dengan banyaknya orang yang ada di dalam stasiun. Banyak dari mereka dengan santainya tidur di lantai meskipun sangat banyak orang di sekitarnya. Stasiun Howrah ini merupakan salah satu stasiun tersibuk di India. Saya bersyukur dalam hati karena kami sudah membeli tiket online (bisa beli di cleartrip.com) sebelumnya karena ada antrian panjang di loket pembelian.

So, setelah muter-muter mencari peron, gerbong dan memastikan tipe kereta kami sudah benar, akhirnya pukul 20:00 tepat, kereta berangkat menuju Varanasi…(to be continued)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *